Adab Dan Ilmu Serta Relevansi Terhadap Pendidikan Tasawuf
Format: | Article info Document eJournal |
---|---|
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LP2M IAI NURUL HAKIM
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/159 https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/159/101 |
Daftar Isi:
- Pendidikan menjadi persoalan dan juga sekaligus perhatian penting tidak hanya bagi isu-isu nasional namun juga dunia internasional. Ada ragam upaya yang telah dilakukan untuk bisa mencapai tujuan penting dari pendidikan itu sendiri. Dinamika serta terma pendidikan khususnya pendidikan Islam juga tidak lepas dari perhatian dikalangan pakar maupun cendikiawan Islam. Berbagai persoalan dalam pendidikan muncul dan mengemuka sehingga perlunya solusi dalam menjembatani problematika tersebut. Ketimpangan moral generasi dan kerusakannnya menjadikan perhatian para pakar dan cendikiawan Muslim memberikan solusi alternative untuk bisa mengconter kerusakan tersbut maka dalam hal ini mengutip apa yang dijelaskan Naquib al Attas perlunya pemahaman pemahaman kembali tentang eksistensi adab dalam rangka melahirkan pendidikan Islam yang ideal. Hal ini penting ia berpendapat sejatinya kerusakan moral atau dekadensi moral disebabkan karena hilangnya adab atau loss of adab. Maka untuk dapat menjembataninya perlunya pemahaman kembali tentag adab beserta implikasi bagi diri peserta didik. Adab menjadi cerminan morality bagi insan berkarakter dan juga kesucian yang tertananm dalam diri bagi lembaga pendidikan disatu sisi dan peserta didik disisi yang lain. Maka jelaslah dimensi adab dalam pendidikan Islam tidak terlepas dari tasawuf sebagai cermin yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.