Daftar Isi:
  • Kincup roda depan yang melebihi ambang dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan kendaraan saat melaju di jalan, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan dikarenakan sistem kemudi yang tidak stabil. Maka dari itu peneliti menyadari perlu adanya penelitian terhadap faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem kemudi terhadap hasil pengujian side slip tester. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berarti penelitian ini mempunyai sifat untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Dengan metode kuantitatif akan diketahui hubungan variabel Sistem Kemudi terhadap hasil uji side slip tester. Hasil pemeriksaan teknis sistem kemudi pada 40 kendaraan mendapatkan 3 kerusakan komponen pada sistem kemudi yaitu kerusakan terbanyak pada komponen tie rod sejumlah 17, ball joint sejumlah 8,dan pitman arm sejumah 5,hasil uji side slip tester paling rendah sebesar – 5,3 mm/m dengan kerusakan Rack boot tie rod yang sobek Sebagian. Hasil uji side slip tester tertinggi mencapai + 16,8 mm/m dengan 2 kerusakan yang fatal yaitu Rack boot tie rod sobek lepas dan Tie rod oblak.