PENGARUH PENYETELAN CELAH KAMPAS DAN SUHU REM TROMOL TERHADAP EFISIENSI REM PADA PENGUJIAN BRAKE TESTER KENDARAAN JENIS PICK UP
Main Author: | ACHMADITIYA, GALUH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.pktj.ac.id/314/1/19030584-KKW-ABSTRAK.pdf http://eprints.pktj.ac.id/314/2/19030584-KKW-BAB_1.pdf http://eprints.pktj.ac.id/314/3/19030584-KKW-BAB_2.pdf http://eprints.pktj.ac.id/314/4/19030584-KKW-BAB_3.pdf http://eprints.pktj.ac.id/314/5/19030584-KKW-BAB_4.pdf http://eprints.pktj.ac.id/314/6/19030584-KKW-BAB_5.pdf http://eprints.pktj.ac.id/314/7/19030584-KKW-LAMPIRAN.pdf http://eprints.pktj.ac.id/314/ |
Daftar Isi:
- Kecelakaan lalulintas dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain faktor kesalahan manusia, kondisi jalan, alam, dan kendaraan. Pada faktor kendaraan sistem rem merupakan komponen yang sangat penting peranannya dalam mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalulintas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penyetelan celah kampas rem dan suhu rem tromol terhadap hasil uji efisiensi rem pada kendaraan Mitsubishi L300. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan melakukan variasi percobaan penyetelan celah kampas rem dan suhu pada rem tromol selanjutnya melakukan pengujian tingkat efisiensi rem utama menggunakan alat uji brake tester pada kendaraan Mitsubishi L300. Berdasarkan hasil dari peneitian ini di ketahui variabel bebas (Celah kampas rem) secara parsial berpengaruh semakin kecilnya variabel terikat (efisiensi rem), variabel bebas (Suhu rem tromol) secara parsial berpengaruh semakin kecilnya variabel terikat (efisiensi rem), dan variabel bebas (celah dan suhu) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap tingkat efisiensi rem. Perawatan dan penggunaan sistem rem perlu perhatikan dalam berkendara untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalulintas.