Daftar Isi:
  • Terminal merupakan tempat bertemunya penumpang dan penyedia jasa transportasi yang mengatur kedatangan dan keberangkatan penumpang.Tingginya manfaat terminal menjadikan perlunya dilakukan peninjauan terhadap tingkat pelayanan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna terminal. Terminal Bulupitu merupakan terminal tipe A yang berada di Purwokerto dan kondisinya masih sepi. Untuk mengetahui penilaian pengguna pada pelayanan terminal dilakukan analisis metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan google form yang terdapat sebanyak 32 pertanyaan dengan penilaian kepuasan dan kepentingan yang disebarkan kepada pengguna terminal sebanyak 112 responden. Setelah mendapatkan penilaian responden lalu diperoleh rata-rata dan diolah menggunakan SPSS untuk memperoleh diagram kartesius. Dengan hasilnya yang masuk pada kuadran I adalah jenis pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan pelayanan. Jenis pelayanan pada kuadran II perlu ditingkatkan agar memenuhi harapan pengguna. Sedangkan pelayanan pada kuadran III dan IV tidak perlu perbaikan karena tingkat pelayanannya sudah melebihi harapan pengguna. Kata Kunci : Terminal Bulupitu, Pelayanan, Metode Importance Performance Analysis (IPA)