UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IA SDN 105292 KEC. PERCUT SEI TUAN
Main Author: | Sinaga, Tiurlan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/7279 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/7279/6218 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman serta respon siswa kelas Ia semester I SDN 105292 Percut Sei Tuan dalam Penjumlahan dan Pengurangan melalui penerapan strategi pembelajaran media kongret. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif interaktif yang dilakukan dengan 2 siklus. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Ia SDN 105292 Percut Sei Tuan. Sedangkan obyeknya adalah strategi menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan benda kongret. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa pada materi ini nilai rata-rata hanya 66,sedangkan pada siklus 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran dengan benda kongret meningkat mencapai nilai rata-rata 83 Respon siswa juga meningkat, data hasil observasi terhadap aktivitas guru dari 59,72% pada siklus 1, meningkat pada siklus 2 menjadi 93,06%. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Minat dan Motivasi, Media Konkret