PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR
Main Author: | surbakti, salam |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5989 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5989/5319 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas 2 SD Negeri 105300 Suka Makmur tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan dua pertemuan pembelajaran setiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 105300 Suka Makmur tahun pembelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 2 SD Negeri 105300 Suka Makmur tahun pembelajaran 2014/2015 sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Aktivitas belajar tematik siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan perubahan aktivtas dari Siklus I ke Siklus II antara lain menulis dan membaca turun dari 34% menjadi 33%, mengerjakan LKS naik dari 38% mennjadi 40%, bertanya sesama teman tetap dalam 18%, bertanya kepada guru naik dari 7% menjadi 8%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) turun dari 4% menjadi 1%; (2) Ketuntasan hasil belajar tematik siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terbukti dari hasil tes siswa ketuntasan pembelajaran naik sebesar 31%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 53,3 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 59% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 86 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 87%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT