PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN
Main Author: | Paridah, Paridah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5925 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/5925/5267 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya di Kelas VI SD Negeri 101801 Kedai Durian.Bentuk penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya di Kelas VI SD Negeri 101801 Kedai Durian tahun ajaran 2015-2016. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Siswa