MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SDN 105309 SIBOLANGIT
Main Author: | Sitohang, Risma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/4472 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/4472/3916 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan materi Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD di kelas V SDN 105309 Sibolangit T. A 2012/2013. Objek penelitian adalah siswa/i kelas V SD yang berjumlah 35 orang siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh pada kondisi awal rata – rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 23,94 dan pada Siklus I Pertemuan 1 sebesar 32,11. Pada Siklus I Pertemuan 2 diperoleh rata–rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 35,49. Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh rata–rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 41,17 dan pada Siklus II Pertemuan 2 diperoleh rata – rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 52,63. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN105309 Sibolangit T. A 2012/2013. Kata Kunci: Cooperative Learning, Kreativitas Belajar Siswa, STAD