Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Picture and Picture untuk Siswa Kelas V SD
Main Authors: | Utami, Lydia, Reinita, Reinita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2021
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/27545 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/27545/16879 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik terpadu berbasis picture and picture untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menerapkan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata masing-masing validasi yaitu validasi materi 87,78% (sangat valid), validasi bahasa 82,85% (valid) dan validasi desain 83,33% (valid). Respon guru untuk praktikalitas diperoleh 88% dan 92% (sangat praktis) dan respon siswa diperoleh rata-rata 90,91% dan 96,02% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik terpadu untuk siswa kelas V Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.