Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Picture and Picture untuk Siswa Kelas V SD

Main Authors: Utami, Lydia, Reinita, Reinita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FIP Unimed , 2021
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/27545
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/27545/16879
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik terpadu berbasis picture and picture untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menerapkan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata masing-masing validasi yaitu validasi materi 87,78% (sangat valid), validasi bahasa 82,85% (valid) dan validasi desain 83,33% (valid). Respon guru untuk praktikalitas diperoleh 88% dan 92% (sangat praktis) dan respon siswa diperoleh rata-rata 90,91% dan 96,02% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik terpadu untuk siswa kelas V Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.