UPAYA MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVITION ( STAD ) SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 8 KOTA TEBING TINGGI

Main Author: Tarigan, Sempat Malem
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FIP Unimed , 2015
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/2206
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/2206/1866
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pelajaran tipe Student Teams Achievement Divition (STAD). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan M Targart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model STAD mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I (65,71 %), siklus II (77,14%), siklus III (88,57%) dan dinyatakan berhasil. Kata Kunci : Model Pelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar