UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN KELAS VII-II SMP NEGERI 29 MEDAN
Main Author: | HARAHAP, LATIPA HANIM |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2014
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1747 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1747/1409 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa saat bekerja dalam kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token selama kegiatan belajar mengajar di kelas VII-11 SMP Negeri 29 Medan tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-11 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain menulis,membaca (31%), mengungkapkan pendapat (43%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain menulis, membaca (15%), mengungkapkan pendapat (69%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (0 %). Berpikir kritis siswa dari sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe time token Kata kunci : Berpikir Kritis, Model Kooperatif Tipe Time Token