AKTIVITAS BELAJAR IPA FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATERI KALOR DI KELAS VII SMPN 20 PEKANBARU

Main Authors: Muslimah, Kamalia Muslimah, ', Azhar, ', M. Sahal
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Online Access: http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/6106
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar IPA Fisika siswa pada materi Kalor di kelas VII SMPN 20 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII4 sebanyak 38 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk melihat gambaran dari aktivitas belajar IPA Fisika siswa melalui penerapan strategi Index Card Match. Dari hasil analisis data menunjukkan: aktivitas belajar IPA Fisika siswa melalui penerapan strategi Index Card Match mengalami peningkatan setiap pertemuannya, pertemuan pertama persentase aktivitas siswa didapatkan sebesar 75,6%, pertemuan kedua 83,6%, dan di pertemuan ketiga sebesar 87,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Index Card Match dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA Fisika siswa di kelas VII4 SMPN 20 Pekanbaru. Kata Kunci : Aktivitas, Index Card Match, Kalor