PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PEKANBARU

Main Authors: Amran, Fitriyah, Amran, Elva Yasmi Amran Yasmi, Holiwarni, Betty Holiwarni
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Online Access: http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/6070
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian penerapan model pembelajaran prolem based learning bertujuan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di kelas XI IPA SMAN 4 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain One Shotstudy Case. Waktu pengambilan data dari tanggal 18 November sampai 28 November 2014. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan dari 5 kelas IPA, diperoleh kelas MIA 5. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentasi ketuntasan belajar klasikal. Hasil akhir dari penelitian didapatkan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 93,55%, artinya penerapan model pembelajaran problem based learning dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di kelas XI MIA SMAN 4 Pekanbaru. Kata Kunci : Problem Based Learning, Ketuntasan Belajar, Kesetimbangan Kimia