HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN DISIPLIN KERJA GURU TK DI KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Main Authors: Marlisa, Sri Marlisa Sri, Indarto, Wusono Indarto Wusono, Risma, Devi Risma Devi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Online Access: http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/5616
http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/5616/5492
Daftar Isi:
  • Abstrak: Berdasarkan pengamatan sementara di lapangan berkaitan dengan dengan motivasi berprestasi dengan disiplin kerja Guru TK Di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru ditemui gejala-gejala seperti: sebagian guru tidak melaksanakan tugasnya tepat waktu, Sebagian guru ada yang tidak membuat perangkat mengajar, kurang semangat dalam proses mengajar anak didik, guru tidak memperdulikan anak didik yang kurang semangat belajarnya, hal terlihat dari banyak anak didik yang bermain-main, tidur, keluar masuk, ribut, dan bercerita dalam proses pembelajaran tapi guru tidak memperdulikan mereka, dan Kurang komunikatifnya guru menyebabkan kesan guru memiliki keperibadian yang tertutup, keadaan ini menyebabkan terjadinya jarak antara guru dan murid. Dan berdasarkan uji linieritas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi pada Linearity sebesar 0,000. Karena signifikansi kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel motivasi berprestasi dengan disiplin kerja guru terdapat hubungan yang erat.Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara motivasi berprestasi dengan disiplin guru (r) adalah 0,696 dengan nilai probabilitas 0.000. oleh karena probabilitas < 0,05 (0.000 < 0.05) maka Ho ditolak Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat motivasi berprestasi dengan disiplin kerja. Sedangkan arah hubungan adalah positif, artinya semakin tinggi motivasi berprestasi maka semakin tinggi. disiplin kerja guru. Koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar r2 = 0.484 dengan p = 0,000 (p<0.05) maka dapat dilihat bahwa motivasi berprestasi memberikan pengaruh sebesar 48.4% terhadap disiplin kerja guru. Kata kunci : Motivasi Berprestasi, Disiplin Kerja Guru