PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Merbabu Guest House Di Kota Malang)
Main Authors: | Sari, Hardiani Permata, Rachma, N, Priyono, Achmad Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
, 2017
|
Online Access: |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/285 http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/285/327 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhexperiential marketing secara langsung terhadap loyalitas, pengaruh experientialmarketing secara langsung terhadap kepuasan, pengaruh kepuasan pelanggan secara langsung terhadap loyalitas dan pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan Merbabu Guest House di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsungexperiential marketing terhadap loyalitas. Hal ini dapat diketahui nilai t hitung lebih besar dibandingkan t tabel (4.173 > 1.98) dan nilai probabilitas sebesar lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh langsung experiential marketing terhadap kepuasan. Hal ini dapat diketahui nilai t hitung lebih besar dibandingkan t tabel (2.451 > 1.98) dan nilai probabilitas sebesar lebih kecil dari 0,05 (0,017 < 0,05). Terdapat pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap loyalitas. Hal ini dapat diketahui nilai t hitung lebih besar dibandingkan t tabel (3.951 > 1.98) dan nilai probabilitas sebesar lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Experientialmarketing berpengaruh terhadap loyalitas tidak melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Hal ini dikarenakan pengaruh langsung lebih besar daripada pengaruh tidak langsung (0,400 > 0,1046). Kata Kunci: experiental marketing, kepuasan dan loyalitas