PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN PADA OBJEK WISATA MUSEUM ANGKUT DI KOTA BATU
Main Authors: | Setiawan, Fendi Cahyo, Widarko, Agus, Slamet, Afi Rachmat |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
, 2017
|
Online Access: |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/271 http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/271/317 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan berkunjung ulang wisatawan museum angkut. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pertimbangan kriteria tertentu. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai Fhitung 28,605 > Ftabel 2,11 sehingga dapat disimpulkan bahwa Bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, orang/sdm, proses dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan berkunjung ulang wisatawan. Serta Bauran pemasran jasa yang terdiri dari variabel produk nilai thitung sebesar 9,023 > ttabel sebesar 1,98638, variabel harga nilai thitung sebesar 2,036 > ttabel sebesar 1,98638, variabel lokasi nilai thitung sebesar 2,056 > ttabel sebesar 1,98638, variabel promosi nilai thitung sebesar 2,315 > ttabel sebesar 1,98638, variabel orang/sdm nilai thitung sebesar 0,381 < ttabel sebesar 1,98638, variabel proses nilai thitung sebesar 1,980 > ttabel sebesar 1,98638, dan variabel bukti fisik nilai thitung sebesar 1,451 < ttabel sebesar 1,98638, yang berarti Bauran pemasaran jasa yang terdiri dari variabel produk, harga, lokasi, promosi berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan berkunjung ulang wisatawan Museum angkut dan variabel orang/sdm, proses, bukti fisik tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan berkunjung ulang wisatawan Museum angkut.Kata Kunci :Bauran pemasaran jasa, dan Keputusan berkunjung ulang