RANCANG BANGUN APLIKASI UTS IN ME BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FLUTTER DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT

Main Authors: Widiarta, I Made, Julkarnain, M, Imanulloh, Jati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa , 2021
Subjects:
RAD
Online Access: http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/1323
http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/1323/819
Daftar Isi:
  • Sumbawa University of Technology or commonly abbreviated as UTS is one of the campuses in Indonesia that is able to take advantage of technological advances, one of which is in the field of Information Technology. Every year UTS accepts hundreds to thousands of new student candidates. Every time the UTS RESPEK event is held, on the first day the committee will distribute booklets to prospective new students who take part in the activity. The budget for printing the booklet is very large, amounting to 30 million rupiah. This study aims to digitize the contents of the booklet in order to minimize the budget. This research uses a mixed approach, and the software development method used is the SDLC (System Development Life Cycle) RAD (Rapid Application Development) model and the beta testing application testing method. The modeling process uses an object-oriented approach and utilizes UML as a tool for application development. The conclusion of this study is to produce an Android-Based UTS IN ME Application that is able to make it easier for students to access basic information about the Sumbawa University of Technology campus.
  • Universitas Teknologi Sumbawa atau biasa disingkat dengan UTS merupakan salah satu kampus di Indonesia yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi salah satunya pada bidang Teknologi Informasi. Setiap tahunnya UTS menerima ratusan hingga ribuan calon mahasiswa baru. Setiap kali acara RESPEK UTS dilaksanakan, pada hari pertama panitia akan membagikan booklet kepada calon mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan tersebut. Anggaran untuk mencetak booklet tersebut sangat besar yaitu sebesar 30 juta rupiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendigitalisasi isi dari booklet tersebut agar dapat meminimalisir anggaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed), dan metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) model RAD (Rapid Application Development) dan metode pengujian aplikasi beta testing. Proses pemodelannya dengan pendekatan berorientasi objek dan memanfaatkan UML sebagai tools untuk pengembangan aplikasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu menghasilkan Aplikasi UTS IN ME Berbasis Android yang mampu memudahkan mahasiswa dalam mengakses informasi dasar seputar kampus Universitas Teknologi Sumbawa.