RANCANG BANGUN APLIKASI PENDATAAN PENDUDUK BERBASIS WEB DI KELURAHAN BUGIS
Main Authors: | Susanto, Eri Sasmita, Herfandi, Peiloh, Mujahidin Patti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/1037 http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/1037/666 |
Daftar Isi:
- Population data collection is intended to increase efficiency in terms of community services. So far, Bugis Village, Sumbawa Regency, still has a system that has not been computerized, making it difficult and slow in the processing of population data. Therefore, it is necessary to conduct research to build data processing applications. The purpose of processing this data is to make it easy for employees to provide efficiency in community service. In this implementation, the programming language PHP and MySQL are used as the database. Data collection methods used in this research are interview, observation, documentation and literature study methods as well as software development methods using the waterfall method. The test method in this study uses black-box testing which is done to test the software in terms of functional specifications.
- Pendataan penduduk dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dalam hal pelayanan masyarkat. Kelurahan Bugis Kabupaten Sumbawa selama ini masih mempunyai sistem yang belum terkomputerisasi sehingga menyulitkan dan memperlambat dalam proses pengolahan data penduduk. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk membangun aplikasi pengolahan data tersebut. Tujuan dari pengolahan data ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada pegawai guna memberikan efisiensi dalam pelayanan masyarkat. Dalam implementasi ini digunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka serta metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall. Adapun metode pengujian dalam penelitian ini menggunakan pengujian black-box yang dilakukan menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional