Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan
Main Authors: | ritonga, arjun, nurbaiti, H.Riswandi Harahap |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/82 https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/82/60 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah penelitian apakah terdapat peningkatan yang relevan antara penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan T.A 2021/2022. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdapat dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata pembelajaran tematik pada subtema suhu dan kalor sebelum menggunakan model pembelajaran Talking Stick rata-rata 68 berada pada kategori “Kurang”. Sesudah menggunakan model pembelajaran Talking Stick nilai rata-rata pada siklus I 77 berada pada kategori “cukup”, dan pada siklus II nilai rata-rata 80 berada pada kategori “Baik”. Dari perbandingan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan pada siklus I sebesar 58% dan pada siklus II sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema suhu dan kalor.