PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI CERITA PENDEK KELAS IV SD NEGERI 157019 PINANGSORI 12

Main Authors: sari, rina, Sartika Rati Asmara Nasution, Fitriani Harahap
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2022
Subjects:
Online Access: https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/287
https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/287/130
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R  dan  mengetahui apakah penerapan model SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 157019 Pinangsori 12 1. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan jumlah subjek penelitian adalah 16 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Pada siklus I terlihat penerapan model SQ3R masih belum mencapai yang diharapkan yaitu dengan presentase 62.5%.  Pada siklus II penerapan model SQ3R menjadi lebih baik hal ini terlihat nilai presentase yang diperoleh mencapai 82.81%. Disimpulkan bahwa model SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman isi cerita pendek pada siswa kelas IV SD Negeri 157019 Pinangsori 12.   Kata kunci: model pembelajaran SQ3R, kemampuan membaca, pemahaman isi cerita pendek   Abstract This study aimed to determine the improvement of reading comprehension skills of short stories by using SQ3R learning model and to determine whether the used of SQ3R expected level, with a percentage of 62.5%. In the second cycle, the implementation of the SQ3R learning model can improve the reading comprehension skills of fourth grade students at SD Negeri 157019 Pinangsori 12. The research approach used Classroom Action Research and subject of research was 16 students. Observations and tests were used in data collection. In the first cycle, it could be seen that the used of SQ3R learning model had not reached the was better, it could be seen that the percentage value obtained reached 82.81%. It was concluded that the used SQ3R learning model could improve reading comprehension skills of short stories of fourth grade students at SD Negeri 157019 Pinangsori 12.   Keywords: SQ3R learning model, reading comprehension, understanding of the content of short stories