PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU

Main Authors: Nurbaiti, loria cenora br. aritonang, cendy, Mina Syanti Lubis
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2022
Subjects:
Online Access: https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1024
https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1024/254
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang mencakup 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dn refleksi. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes, angket guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas guru dan siswa terjadi peningktan pada tiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 87,5 dan siklus II menjadi 91,66. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,67 dan siklus II menjadi 92,64. Pada pembelajaran siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,88 dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 80,91. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.