Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Aritmetika Sosial Peserta Didik Kelas VII-B MTsN 9 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022

Main Author: Muanidah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: CV. Global Aksara Pers , 2022
Subjects:
Online Access: https://jurnal.globalaksarapers.com/index.php/eduaksara/article/view/15
https://jurnal.globalaksarapers.com/index.php/eduaksara/article/view/15/15
Daftar Isi:
  • Abstrak. Matematika merupakan ilmu yang bersifat universal yang menjadi dasar perkembangan berbagai teknologi modern, berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Berdasarkan hasil pengamatan pada topik sebelumnya menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik peserta didik Kelas VII-B MTsN 9 Jombang banyak yang belum belum mencapai target KKM, baik secara individu maupun klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII-B MTsN 9 Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi aritmetika sosial peserta didik kelas VII-B MTsN 9 Jombang tahun pelajaran 2021/2022 yaitu sebesar 71 pada siklus I dan naik menjadi 74 pada siklus II.  Selain itu juga terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dari 63% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 25%. Model pembelajaran problem-based learning sangat tepat untuk pembelajaran matematika. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dan kreatif dalam pembelajaran serta membangun pengetahuan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan pada persoalan pembelajaran di dalam kelas. Problem-based learning juga dapat membantu peserta didik menghubungkan materi yang dipelajari di sekolah dengan permasalahan di kehidupan nyata yang tentunya berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Abstract. Mathematics is a universal science that forms the basis for the development of various modern technologies, plays an important role in various disciplines, and advances the power of human thought. Based on observations on the previous learning topic, it shows that the learning outcomes of students in Class VII-B MTsN 9 Jombang have not yet reached the minimum target criteria, both individually and classically. This study aims to improve students' mathematics learning outcomes through the application of a problem-based learning model in social arithmetic topic. This research is a classroom action research with the research subject is students of class VII-B MTsN 9 Jombang in the 2021/2022 academic year which consists of 32 students. The data collection instruments used in this study were tests, observations, documentation, and interviews. Data analysis techniques in this study were carried out in several stages, namely data reduction, data presentation, and data conclusions. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the implementation of the problem-based learning model can improve mathematics outcomes in social arithmetic topic of  class VII-B MTsN 9 Jombang students in the 2021/2022 academic year, which is 71 in the first cycle and increases to 74 in the second cycle.  In addition, there was also an increase in classical learning completeness from 63% in the first cycle to 88% in the second cycle or an increase of 25%. The problem-based learning model is very appropriate for learning mathematics. This learning model encourages students to be actively and creatively involved in learning and build students knowledge in solving problems in the classroom. Problem-based learning can also help students connect the material learned in school with real-life problems which of course affect student learning outcomes.