PERAN LINGUISTIK DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EMPAT KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI ERA MODERN

Main Author: Alhamda, Hakim Syukri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Tawadhu , 2022
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/twd/article/view/250
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/twd/article/view/250/198
Daftar Isi:
  • Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan analisis teori linguistik dalam pengembangan pembelajaran empat kemahiran Bahasa arab.  Dengan analisis ini berharap agar setiap orang yang mementingkan Bahasa arab dapat memahami konsep bahasa yang di gunakan sebagai alat komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis penelitian perpustakaan atau Library Research yang memanfaatkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data penelitian. Dengan ini peneliti akan mengulas bahwa linguistik mempunyai peran besar dalam pengajaran bahasa. Jadi peran linguistik terhadap pembelajaran bahasa arab memiliki hubungan yang sangat erat sehingga tidak dapat dipisahkan. Proses pembelajaran bahasa menuntut pengetahuan tentang prinsip-prinsip masalah Bahasa, seorang guru bahasa tidak mungkin melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien, selama tidak mengetahui pengetahuan bahasa, terlebih lagi bahasa yang diajarkan bukan bahasa ibu, akan tetapi merupakan bahasa asing yaitu bahasa arab. Dengan penelitian ini diharapkan agar guru mampu mengajarkan keterampilan berbahasa kepada para pendidik sesuai dengan zaman sekarang.