Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Siswa Kelas IV SD Negeri Adipala 01

Main Author: Dewi Apriana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali , 2021
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/99
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/99/58
Daftar Isi:
  • Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Pengukuran Sudut di kelas IV SD Negeri Adipala 01 tahun 2019 melalui pendekatan pembelajaran RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan campuran  yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Variabel penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas adalah penerapan pendekatan RME, dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika pada materi pengukuran sudut. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Adipala 01 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji instrumen penelitian ini adalah uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan menjadi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai siklus II dapat diketahui bahwa dengan penerapan pendekatan  RME dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Adipala 01 tahun 2019. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, dimana pada kondisi awal ada 10 siswa yang tuntas atau 41,67% dari 24 siswa. Siklus I ketuntasan belajar menjadi 13 siswa yang tuntas atau 56,52% dari 23 siswa. Pada siklus II menjadi 19 siswa yang tuntas atau 82,60% dari 23 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan RME dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Adipala 01 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.