Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter dan Life Skill di SD Saat Masa Pandemi Covid-19
Main Author: | Umam, Nasrul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/8 https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/8/4 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis karakter dan life skill di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan alur Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahapan perencanaan guru menyusun RPP dengan format satu lembar yang disesuaikan dengan Kurikulum Darurat Covid-19. Pembelajaran dilaksanakan dengan penugasan membuat video tentang membaca ayat al-Qur’an, menghafalkan, menjelaskan kandungan ayat al-Qur’an, serta menulis kaligrafi. Penilaian pembelajaran mengacu kepada proses dan hasil dengan teknik praktek dan produk. Faktor pendukung pembelajaran menggunakan kartu cheklist pembiasaan beribadah di rumah.