Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Media Miniatur Siswa Kelas IV SD Negeri Kesugihan Kidul 01 Tahun 2019

Main Author: Muliana, Fivie Fajar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali , 2020
Subjects:
ips
Online Access: https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/7
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/7/3
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media miniatur kenampakan alam dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi kenampakan alam siswa kelas IV di SD Negeri Kesugihan Kidul 01 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase ketuntasan belajar pada tahun 2017 dari 30 siswa sebesar 40% dengan nilai rata-rata kelas 65,6 dan pada tahun 2018 dari 30 siswa presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 33,33% dengan rata-rata kelas 62,43. Pada siklus I ketuntasan belajar dari 29 siswa meningkat menjadi 48,27% dengan rata-rata kelas 70,14. Pada siklus II ketuntasan belajar dari 29 siswa meningkat menjadi 86,20% dengan rata-rata kelas 84,83. Proses pembelajaran terpusat pada siswa dengan bimbingan guru dalam menggunakan media miniatur kenampakan alam. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media miniatur kenampakan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kesugihan Kidul 01 tahun pelajaran 2018/2019.