PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAKNEGARA
Main Author: | Akbar, Razak |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5 https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5/6 |
ctrlnum |
article-5 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAKNEGARA</title><creator>Akbar, Razak</creator><subject lang="en-US">Project Based Learning</subject><subject lang="en-US">Minat Menulis Narasi</subject><subject lang="en-US">Hasil Belajar</subject><subject lang="en-US">Menulis Narasi</subject><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain yang digunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 1 Tambaknegara Kelas VA dan VB yang berjumlah50 orang. Adapun sampel kelompok kontrol kelas VA berjumlah 25 siswa dan kelompok eksperimen kelas VB berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Angket berupa skala sikap digunakat untuk mengetahui minat belajar menulis narasi. Tes berupa soal urian subjektif berjumlah 1 soal digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis narasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan &nbsp;model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap minat menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 7,85 &gt; t tabel = 2,01). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 4,44&gt; t tabel = 2,01). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tabaknegara diterima</description><publisher lang="en-US">Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali</publisher><date>2020-11-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5</identifier><identifier>10.52802/pancar.v4i2.5</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar); Vol. 4 No. 2 (2020); 86-91</source><source lang="id-ID">JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR); Vol 4 No 2 (2020); 86-91</source><source>2550-0619</source><source>2721-6748</source><source>10.52802/pancar.v4i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5/6</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR)</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0</rights><recordID>article-5</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Akbar, Razak |
title |
PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAKNEGARA |
publisher |
Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali |
publishDate |
2020 |
topic |
Project Based Learning Minat Menulis Narasi Hasil Belajar Menulis Narasi education |
url |
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5 https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5/6 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain yang digunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 1 Tambaknegara Kelas VA dan VB yang berjumlah50 orang. Adapun sampel kelompok kontrol kelas VA berjumlah 25 siswa dan kelompok eksperimen kelas VB berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Angket berupa skala sikap digunakat untuk mengetahui minat belajar menulis narasi. Tes berupa soal urian subjektif berjumlah 1 soal digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis narasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap minat menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 7,85 > t tabel = 2,01). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 4,44> t tabel = 2,01). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tabaknegara diterima |
id |
IOS17605.article-5 |
institution |
Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
1657 |
institution_type |
library:university library |
library |
Repository UNUGHA |
library_id |
1395 |
collection |
Jurnal Pancar |
repository_id |
17605 |
subject_area |
Pendidik Anak Cerdas pendidikan Sekolah Dasar Elementary Education/Pendidikan Dasar Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
city |
Cilacap |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS17605 |
first_indexed |
2022-10-03T08:46:26Z |
last_indexed |
2022-10-03T08:46:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1745660757451735040 |
score |
17.538404 |