PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAKNEGARA

Main Author: Akbar, Razak
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5/6
ctrlnum article-5
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAKNEGARA</title><creator>Akbar, Razak</creator><subject lang="en-US">Project Based Learning</subject><subject lang="en-US">Minat Menulis Narasi</subject><subject lang="en-US">Hasil Belajar</subject><subject lang="en-US">Menulis Narasi</subject><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain yang digunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 1 Tambaknegara Kelas VA dan VB yang berjumlah50 orang. Adapun sampel kelompok kontrol kelas VA berjumlah 25 siswa dan kelompok eksperimen kelas VB berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Angket berupa skala sikap digunakat untuk mengetahui minat belajar menulis narasi. Tes berupa soal urian subjektif berjumlah 1 soal digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis narasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan &amp;nbsp;model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap minat menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 7,85 &amp;gt; t tabel = 2,01). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 4,44&amp;gt; t tabel = 2,01). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tabaknegara diterima</description><publisher lang="en-US">Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali</publisher><date>2020-11-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5</identifier><identifier>10.52802/pancar.v4i2.5</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar); Vol. 4 No. 2 (2020); 86-91</source><source lang="id-ID">JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR); Vol 4 No 2 (2020); 86-91</source><source>2550-0619</source><source>2721-6748</source><source>10.52802/pancar.v4i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5/6</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR)</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0</rights><recordID>article-5</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Akbar, Razak
title PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN 1 TAMBAKNEGARA
publisher Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
publishDate 2020
topic Project Based Learning
Minat Menulis Narasi
Hasil Belajar
Menulis Narasi
education
url https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/5/6
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain yang digunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 1 Tambaknegara Kelas VA dan VB yang berjumlah50 orang. Adapun sampel kelompok kontrol kelas VA berjumlah 25 siswa dan kelompok eksperimen kelas VB berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Angket berupa skala sikap digunakat untuk mengetahui minat belajar menulis narasi. Tes berupa soal urian subjektif berjumlah 1 soal digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis narasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan &nbsp;model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap minat menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 7,85 &gt; t tabel = 2,01). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa siswa kelas V SDN 1 Tambaknegara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 4,44&gt; t tabel = 2,01). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN 1 Tabaknegara diterima
id IOS17605.article-5
institution Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1657
institution_type library:university
library
library Repository UNUGHA
library_id 1395
collection Jurnal Pancar
repository_id 17605
subject_area Pendidik Anak Cerdas
pendidikan Sekolah Dasar
Elementary Education/Pendidikan Dasar
Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
city Cilacap
province JAWA TENGAH
repoId IOS17605
first_indexed 2022-10-03T08:46:26Z
last_indexed 2022-10-03T08:46:26Z
recordtype dc
_version_ 1745660757451735040
score 17.538404