Pengaruh Pendekatan RME Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv

Main Authors: Fathul Barkah, Rika, Nabila Framesti Anita Yulianingsih, Widia Ananda, Asmara, Andes Safarandes
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali , 2022
Subjects:
RME
Online Access: https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/331
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/331/193
Daftar Isi:
  • Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu model pembelajaran dengan menghubungkan pada sesuatu yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi siswa kelas IV SDN Karangtanjung II. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel 5 orang siswa. Data yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Dari analisis data diketahui bahwa terdapat hasil yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa pada materi aproksimasi di kelas IV SDN Karangtanjung II. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis Wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS Statistics 26 didapatkan hasil asympt sig (2-tailed) sebesar 0.043 < 0,05, sehingga Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi.