Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif

Main Author: Rahmawati, Dewi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali , 2022
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/287
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/287/190
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development/ RnD) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint untuk keterampilan membaca intensif yang layak dan efektif digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran pada kelas 5 SD tema 1 muatan pelajaran Bahasa Indonesia tentang ide pokok bacaan. Hasil penilaian media yang diperoleh dari para ahli telah dicocokkan dengan kriteria kelayakan Riduwan, hasil ahli bahasa 77,1% (layak), ahli media 91,7% (sangat layak), ahli materi 95% (sangat layak). Sedangkan nilai yang diperoleh pada saat tahap implementasi adalah sebagai berikut : (1) tahap uji satu-satu penilaian guru mencapai 92,5% (sangat baik), penilaian siswa 89,4% (sangat baik), (2) tahap uji coba kelompok kecil penilaian guru mencapai 100% (sangat baik), penilaian siswa 96,8% (sangat baik), (3) tahap uji lapangan di kelas eksperimen penilaian guru mencapai 92,5% (sangat baik), dan penilaian siswa mencapai 97,2% (sangat baik), (4) tahap uji lapangan di kelas kontrol penilaian guru mencapai 92,5% (sangat baik), dan penilaian siswa mencapai 85,6% (sangat baik). Media interaktif berbasis PowerPoint terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan hasil perhitungan uji T yang menunjukkan nilai signifikan 2 tailed < 0,05 (0,000<0,05).