Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cilibur 04 Pada Materi Sumber Energi Melalui Metode Inquiry
Main Author: | Ikaha Nila Sari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/185 https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/185/144 |
Daftar Isi:
- Upaya Meningkatkan Hail Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sumber Energi Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas IV SDN Cilibur 04 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020”Hasil pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti tentang sumber energi rendah. Rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajran, penggunaan metode yang kurang tepat Sehinga peniliti merencanakan perbaikan.pembelajaran melalui PTK yang dilaksankan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode inquiyi. Dalam melaksanakan PTK peneliti melakukan beberapa prosedur yakni melalui tahapan, perencanaan, tindakan, mengamati, dan refleksi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik dan hasil belajar meningkat. Mendapatkan hasil deskripsi secara objektif tentang gejala-gejala dan guru memperbaiki kinerjanya. Dari hasil data yang diperoleh peneliti setelah mengadakan penelitian pada siklus I, keaktifaan siswa mencapai 55,5 % Dan pada siklus II mencapai 88,88% sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 55,5%. dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 88% . Perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan melalui II siklus menghasilkan hasil belajar yang optimal. Yang berarti bahwa dengan menggunakan metode inkuiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.