Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membaca Pemahaman Materi Ekstenofik Kelas V Sekolah Dasar
Main Author: | Ulfah Rustiawanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/139 https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/139/143 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mengunakan Powerpoint, menguji kelayakan media pembelajaran oleh para ahli, guru, dan siswa, serta untuk menguji keefektifan media. Model penelitian menggunakan ADDIE Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi produk dari ahli media sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 92,5% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 75% dengan kriteria layak. Pengujian kelayakan media dilakukan di SD N Kalisabuk 01 dengan jumlah 27 siswa memperoleh nilai sebesar 94,6 dengan kriteria sangat layak dan 1 guru kelas memperoleh nilai 97,5% dengan kriteria sangat layak. Pengujian keefektifan produk pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan Pretest Posttest Group Design yang dilakukan dengan uji-t (T Test). Hasil yang diperoleh pada nilai signifikan 2-tailed adalah 0,00 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, adanya perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa media yang dikembangkan dalam penelitian ini layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan membaca pemahaman kelas V Sekolah Dasar.