Pengembangan Media Flipbook Interaktif Pada Pembelajaran Keterampilan Menyimak Materi Sekapati Kelas IV Sekolah Dasar
Main Author: | Anggraeni, Nuf |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/121 https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/121/192 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Flipbook interaktif pada materi sekapati untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar; 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Flipbook interaktif pada materi sekapati untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar; 3)Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Flipbook interaktif pada materi sekapati untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/RnD) menggunakan model ADDIE. Model ini merupakan akronim dari langkah-langkah pengembangan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pembatasan dilakukan dengan alasan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, yaitu mengembangkan media dan menguji kelayakan, serta menguji keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan (1) media Flipbook interaktif memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 83,3% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 91,2% dengan kriteria sangat layak dan ahli bahasa sebesar 81,8% dengan kriteria sangat layak. Tahap implementasi pada uji satu-satu memperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak, uji kelompok kecil sebesar 90,9% dengan kriteria sangat layak dan uji lapangan sebesar 92,2% dengan kriteria sangat layak. (2) media Flipbook interaktif digunakan dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menyimak dengan hasil perhitungan melalui uji t nilai signifikan 2 tailed < 0,05 (0,001<0,05).