Pengembangan Media Animasi Peta Budaya Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersaman Untuk Kelas 4 SD

Main Author: Jajar, Jajar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali , 2021
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/102
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/102/61
ctrlnum article-102
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan Media Animasi Peta Budaya Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersaman Untuk Kelas 4 SD</title><creator>Jajar, Jajar</creator><subject lang="en-US">Pengembangan</subject><subject lang="en-US">media peta budaya Indonesia</subject><subject lang="en-US">tema 1 kelas 4 SD</subject><subject lang="en-US">pendidikan</subject><description lang="en-US">Tujuan penelitian memperoleh media animasi peta budaya Indonesia tema 1 subtema 1 keragaman budaya bangsaku di kelas 4 SD, memperoleh kualitas media animasi peta budaya Indonesia yang layak digunakan untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran pada tema 1 indahnya kebersamaan dengan subtema 1 keragaman budaya bangsaku di kelas 4 SD. Metode penelitian mengunakan metode pengembangan dengan model borg and gall dengan 10 tahapan, pengumpulan informasi, perencanaan, Pengembangan bentuk produk pendahuluan, Uji coba apangan awal, Revisi hasil Uji coba, Uji lapangan produk utama, Revisi produk operasional, Uji coba operasional, Revisi produk akhir dan Penyebaran dan Penerapan. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak digunakan, ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,6% kategori sangat layak digunakan, dan ahli bahasa memperoleh persentase rata-rata sebesar 95,5% kategori sangat layak digunakan. Selain itu, respon pendidik dengan persentase rata-rata 97,3% dengan kategori sangat layak digunakan. Kemudian respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata 98% dengan kategori sangat layak digunakan. Demikian media pembelajaran memiliki kualitas yang layak digunakan dalam proses pembelajaran dan membantu guru dalam menyampaikan materi keragaman budaya di Indonesia tema 1 kelas 4 SD.</description><publisher lang="en-US">Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali</publisher><date>2021-06-24</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/102</identifier><identifier>10.52802/pancar.v5i1.102</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar); Vol. 5 No. 1 (2021); 111-114</source><source lang="id-ID">JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR); Vol 5 No 1 (2021); 111-114</source><source>2550-0619</source><source>2721-6748</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/102/61</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2021 JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR)</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0</rights><recordID>article-102</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Jajar, Jajar
title Pengembangan Media Animasi Peta Budaya Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersaman Untuk Kelas 4 SD
publisher Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
publishDate 2021
topic Pengembangan
media peta budaya Indonesia
tema 1 kelas 4 SD
pendidikan
url https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/102
https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/102/61
contents Tujuan penelitian memperoleh media animasi peta budaya Indonesia tema 1 subtema 1 keragaman budaya bangsaku di kelas 4 SD, memperoleh kualitas media animasi peta budaya Indonesia yang layak digunakan untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran pada tema 1 indahnya kebersamaan dengan subtema 1 keragaman budaya bangsaku di kelas 4 SD. Metode penelitian mengunakan metode pengembangan dengan model borg and gall dengan 10 tahapan, pengumpulan informasi, perencanaan, Pengembangan bentuk produk pendahuluan, Uji coba apangan awal, Revisi hasil Uji coba, Uji lapangan produk utama, Revisi produk operasional, Uji coba operasional, Revisi produk akhir dan Penyebaran dan Penerapan. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak digunakan, ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,6% kategori sangat layak digunakan, dan ahli bahasa memperoleh persentase rata-rata sebesar 95,5% kategori sangat layak digunakan. Selain itu, respon pendidik dengan persentase rata-rata 97,3% dengan kategori sangat layak digunakan. Kemudian respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata 98% dengan kategori sangat layak digunakan. Demikian media pembelajaran memiliki kualitas yang layak digunakan dalam proses pembelajaran dan membantu guru dalam menyampaikan materi keragaman budaya di Indonesia tema 1 kelas 4 SD.
id IOS17605.article-102
institution Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1657
institution_type library:university
library
library Repository UNUGHA
library_id 1395
collection Jurnal Pancar
repository_id 17605
subject_area Pendidik Anak Cerdas
pendidikan Sekolah Dasar
Elementary Education/Pendidikan Dasar
Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
city Cilacap
province JAWA TENGAH
repoId IOS17605
first_indexed 2022-10-03T08:46:27Z
last_indexed 2022-10-03T08:46:27Z
recordtype dc
_version_ 1745660757516746752
score 17.538404