Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Kreatif Sepatu Cibaduyut Kota Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=43997
Daftar Isi:
  • Industri kreatif merupakan era baru dalam perekonomian yang bertumpu pada kreativitas sumber daya manusia dan menunjukan sebagai bidang yang paling menjanjikan terhadap peningkatan perekonomian serta penyediaan lapangan pekerjaan. Badan ekonomi kreatif mengelompokan subsektor industri kreatif menjadi 16 subsektor salah satunya subsektor fesyen. Bandung dikenal sebagai pusat kota fashion dan menghasilkan banyak industri kreatif yang sukses di kota ini salah satunya adalah Industri Sepatu Cibaduyut. Sepatu Cibaduyut mengalami penurunan jumlah penjualan yang berpengaruh terhadap omzet. Hal ini menunjukan bahwa Industri Sepatu Cibaduyut tidak mampu bersaing dengan produk impor yang masuk ke Indonesia, tidak memiliki arah yang jelas terhadap strategi dan tujuan bisnis, tidak mampu melihat kebutuhan konsumen, serta tidak memiliki kemampuan inovasi yang cukup terhadap bidang yang dijalankan. Masalah tersebut tentunya berkaitan dengan kompetensi kewirausahaan para pelaku usaha Industri Sepatu Cibaduyut. Kompetensi kewirausahaan adalah gabungan antara sikap, keterampilan, serta pengetahuan yang harus dimiliki pelaku usaha untuk diterapkan dalam bisnis sehingga mampu memberikan kesuksesan dalam suatu bisnis. Selain itu turunnya jumlah unit usaha dan omzet menggambarkan bahwa Industri Sepatu Cibaduyut tidak mampu bersaing dengan kompetitornya. Keunggulan bersaing merupakan kemampuan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk menawarkan nilai yang lebih besar dari pada pesaing sejenis dengan tujuan dapat menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing di Industri Sepatu Cibaduyut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha Industri Sepatu Cibaduyut Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu non probability sampling dengan purposive sampling. Kuesioner penelitian diuji terhadap 122 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Besarnya pengaruh diantara kedua variabel tersebut adalah sebesar 13,8%. Kata kunci: Industri kreatif, kompetensi kewirausahaan, keunggulan bersaing.