Kaji Keandalan Engine Driven Pump Sistem Hidrolik Pesawat Kapasitas 189 Penumpang Menggunakan Perangkat Lunak Minitab
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=37103 |
Daftar Isi:
- Engine Driven Pump (EDP) Pesawat Kapasitas 189 Penumpang (nama samaran untuk jenis pesawat), adalah pompa hidrolik yang digerakkan oleh putaran engine merupakan komponen yang mengalami beban repetitive serta memiliki fungsi untuk mendistribusikan tekanan sebesar 3.000 psi menuju aktuator dan sistem di pesawat. Kondisi ini tentu menuntut EDP untuk memiliki keandalan / reliability yang tinggi. Keandalan yang tinggi bisa didapatkan apabila interval perawatan EDP dilakukan dengan tepat dan optimal. Untuk mendapatkan interval perawatan yang tepat dibutuhkan pengkajian terhadap keandalan EDP berdasarkan catatan unschedule removal EDP Pesawat Kapasitas 189 Penumpang di perusahaan PT.XYZ (nama samaran untuk perusahaan), data ini didapatkan pada periode tahun 2012-2019. Kaji keandalan EDP ini dibantu oleh perangkat lunak minitab versi 17 menggunakan metode statistik distribusi keandalan untuk mendapatkan korelasi pearson, estimasi parameter, evaluasi kuantitatif distribusi keandalan serta nilai mean time to failure (MTTF), dan interval perawatan komponen dengan menggunakan distribusi normal dan distribusi weibull. Dari hasil olah data evaluasi kuantitatif didapatkan hasil keandalan yang terus menurun seiring bertambahnya waktu, dan ketidakhandalan yang terus meningkat seiring bertambahnya waktu, serta nilai laju kegagalan yang bervariasi pada kedua distribusi. Apabila diasumsikan keandalan standar komponen di perusahaan PT. XYZ adalah 60%- 70%, dengan tingkat kepercayaan 95%, maka interval perawatan komponen jika menggunakan distribusi normal adalah 2551.3 jam â 5588.27 jam atau 1877.11 siklus â 3745.52 siklus dan distribusi weibull digunakan sebagai perbandingan dengan interval perawatan setiap 2421.66 jam â 5936.75 jam atau 1582 siklus â 3949.56 siklus. Interval perawatan ini termasuk dalam kategori schedule maintenance B-check.