Analisis Perancangan Sistem Manajemen Strategis Dengan Pendekatan SWOT-Balanced Scorecard Pada Usaha Catering PT DEK

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=38916
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja existing, merumuskan visimisi, melakukan analisis SWOT dan merumuskan strategi yang diperlukan serta menyusun peta strategi dengan pendekatan SWOT-balanced scorecard(SWOTBSC). Penelitian kualitatif ini berupa studi kasus pada PT DEK, perusahaan jasabogacatering, snack & bakery. Metode analisisnya adalah analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman dan teknik analisis SWOT-balanced scorecard. Data penelitian adalah data subjek dengan sumber data primer dengan teknik wawancara dan focus group discussion. Nara sumber/ informan adalah general manajer, manajer akuntansi dan keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran dan manajer administrasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kinerja perusahaan berada pada kuadran III; (2) Visi dan misi merupakan gambaran kondisi yang diinginkan perusahaan; (3) Analisis SWOT mengidentifikasi 9 kekuatan, 13 kelemahan, 10 peluang dan 6 ancaman dirumuskan menjadi 22 alternatif strategi, 11 key success factors (3 area) dan menghasilkan 17 sasaran strategis; (4) Rancangan peta strategi berisi keterkaitan sasaran-sasaran strategis dengan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sebagai landasan dan perspektif keuangan sebagai tujuan akhir, didukung 35 key performance indicators dengan bobot yang telah ditentukan oleh pihak manajemen sebesar 40% untuk perpektif keuangan, 25% perspektif pelanggan, 15% perspektif bisnis internal, dan sisanya 10% perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk mengimplementasikan strategi, ditetapkan 26 target dan inisiatif strategi. Kata kunci: manajemen strategis, environtmental scanning,formulation strategy, SWOT, balanced scorecard, key success factors, key performance indicato.