Peran Konten Post Instagram Terhadap Keterlibatan Pelanggan Secara Daring pada Industri Kosmetik di Indonesia

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=42361
Daftar Isi:
  • Media sosial menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dijauhkan dari aktivitas manusia, salah satu media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia adalah Instagram. Hal tersebut menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki Instagram untuk melakukan strategi pemasaran digital, menjalin hubungan dengan konsumen, meningkatkan popularitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pengaruh dari jenis konten post di Instagram terhadap keterlibatan pelanggan pada enam merek kosmetik. Adapun variabel bebas yaitu jenis konten post dan variabel terikat yaitu keterlibatan pelanggan “like dan komentar. Data penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data post yang diunggah selama bulan April 2020 - Juni 2020. Cara pengukuran yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan Kruskal Wallis dan Post Hoc. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara jumlah like dan komentar dengan jenis konten post Instagram yang diunggah ketujuh akun kosmetik. Konten post produk menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah like dan komentar, sedangkan konten post event kurang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah like, dan konten post hiburan kurang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah komentar. Dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis konten post Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Konten post produk merupakan jenis konten yang paling memberikan pengaruh terhadap keterlibatan pelanggan sedangkan konten post event dan hiburan kurang memberikan pengaruh terhadap keterlibatan pelanggan di Instagram. Terdapat saran yang dapat dijadikan pertimbangan oleh ketujuh akun kosmetik yaitu mempertimbangkan peningkatan frekuensi mengunggah konten post produk untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.