EVALUASI PONDASI TIANG PANCANG JEMBATAN PERALIHAN CIKUBANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL CIPULARANG TAHAP II SEKSI 4.1 RUAS CIKALONG WETAN-CIKUBANG KABUPATEN BANDUNG
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
Polban
, 2006
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pondasi jembatan merupakan struktur bangunan bawah yang sangat penting karena sebagai penopang berdirinya bangunan yang terletak diatasnya. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka perlu dilakukan perencanaan yang sangat teliti agar tidak terjadi kegagalan yang menyebabkan keruntuhan terhadap jembatan. Hal yang pertama diperhitungkan adalah pembebanan yang diterima oleh struktur bawah jembatan berupa beban mati, beban bergerak atau beban hidup, gaya rem, tekanan tanah aktif, gaya gesekan dan beban gempa. Pemilihan pondasi didasarkan atas penyelidikan tanah yang menunjukkan bahwa lapisan tanah keras berada cukup dalam, dan melalui pengecekan terlebih dahulu kekuatan stabilitas abutmen. Bila ternyata stabilitas abutmen tidak memenuhi syarat, maka pondasi tiang merupakan pilihan untuk mengatasi hal tersebut. Perhitungan daya dukung pondasi tiang didasarkan pada data-data tanah dan kombinasi pembebanan yang maksimum, sehingga didapatkan jumlah, jarak, dan diameter pondasi tiang yang direncanakan. Pile group tersebut dihitung sampai mempunyai faktor keamanan yang cukup terhadap daya dukung, penurunan, serta pergeserannya. Dalam mengevalusi pondasi tiang yang ada, kami mengambil dari shop drawing yang ada dengan diameter tiang pancang 50 cm dan jumlah tiang pancang 24 buah dalam satu pile group dengan kedalaman 12 m.