Pengaruh Kualitas Pelayanan Tour Leader Terhadap Kepuasan Wisatawan Dalam Penyelenggaraan Fun West Europe Tour Di PT. Golden Rama Express Tour and Travel Cabang Bandung

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=12007
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan karena adanya data yang menjelaskan bahwa ada ketidak puasan pelayanan yang diterima dari seorang tour leader dalam sebuah tour Eropa di Golden Rama. Menurut aspek yuridis hal tersebut bertentangan dengan isi dari UU No. 10 tentang kepariwisataan pasal 20. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2013 dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh tourleader Golden rama, mengetahui kepuasan wisatawan dalam tour serta mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan tour leader terhadap kepuasan wisatawan. Teori yang digunakan yaitu teori mengenai kualitas pelayanan tour leader, kepuasan wisatawan, serta mengenai hubungan dan pengaruh antara kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 115 orang peserta tour Eropa periode 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukan dari kelima dimensi dalam kualitas pelayanan tour leader dan kepuasan wisatawan yang diuji memiliki nilai rata-rata baik. Setelah pengujian regresi dilakukan menghasilkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Dengan demikian dari variabel kualitas pelayanan hanya perlu melakukan sedikit perbaikan di dimensi reliability terutama mengenai ketepatan dalam mengambil keputusan. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan tour leader memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan dalam penyelenggaraan tour fun west europe. Kata kunci: tour leader, kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan, hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan.