Analisis Persepsi Karyawan Terhadap Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Di PT Astra Internasional Tbk Toyota Sales Operation Auto 2000 Cabang Pasteur Bandung

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=21418
Daftar Isi:
  • Penilaian prestasi kerja ialah proses yang dilakukan oleh organisasi untuk melakukan penilaian atas kinerja yang telah dilakukan baik oleh karyawan maupun manajemen. Penilaian prestasi kerja yang dilaksanakan dengan baik dan tertib, maka akan dapat membantu meningkatkan motivasi kerja serta loyalitas organisasional dari karyawan tersebut. Seorang penilai atau atasan dalam melakukan penilaian perlu ditetapkannya kriteria-kriteia dari penilaian tersebut, dan juga harus adanya standar kerja di dalam perusahaan tersebut, maka seorang penilai harus bersikap terbuka terhadap para karyawan mengenai penilaian kinerja karyawan, jika dalam penilaian hanya atasan yang memiliki wewenang dan tidak ada keterbukaan maka akan terjadi kemungkinan besar tingkat kecurangan. Dalam menanggapi hal tersebut perlu adanya survei pada sudut pandang karyawan terhadap penilaian kerja di perusahaan, apabila adanya persepsi dari karyawan bisa dilihat bagaimana pandangan karyawan terhadap penilaian kinerja di perusahaan tersebut. Penelitian ini membahas tentang persepsi penilaian prestasi kerja karyawan, menggunakan kuisioner sebagai salah satu metode pengumpulan data yang disebarkan kepada 100 responden untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan sales yang bekerja lebih dari satu tahun di Auto 2000 Pasteur. Pengolahan data menggunakan software SPSS versi 16.0, yang akan menghasilkan mean atau nilai rata-rata sebagai acuan tingkatan dari setiap indikator. Syarat-syarat efektif dalam pelaksanaan penilaian prestasi kerja yang telah diuji ada enam syarat yang digunakan sebagai dimensi dalam penelitian ini dan secara keseluruhan memiliki tingkatan dalam kategori tinggi. Dimensi penilai (assesor) memiliki nilai mean paling tinggi yang berarti bahwa karyawan cukup memahami kriteria penilaian dan standar kerja yang ada di Auto 2000 Pasteur. Diharapkan manfaat dari penelitian ini dapat dirasakan oleh berbagai pihak, khususnya bagi pengelola bisnis dan pembaca sebagai konsumen. Kata Kunci: Atasan/Penilai, Karyawan,Penilaian pretasi kerja.