Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Motivasi Wisatawan untuk Berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=11991
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di Wana Wisata Curug Cimahi, dengan judul "Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Motivasi Wisatawan untuk Berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh daya tarik wisata terhadap motivasi wisatawan untuk berkunjung ke Curug Cimahi. Di dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel daya tarik wisata dan variabel motivasi wisatawan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis deskriptif frekuensi, analisis kolerasi dan analisis regresi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisikan 5 pernyataan tertutup mengenai biodata responden, 18 pernyataan tertutup mengenai daya tarik wisata dan motivasi wisatawan. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden, populasi dari penelitian ini adalah populasi wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi. Teknik sampling yang digunakan yaitu convenience sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan saja. Penelitian ini dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu bulan Juni 2013 pada minggu pertama, kedua, dan ketiga. Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui daya tarik wisata dan motivasi wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi dengan analisis deskriptif dan analisis frekuensi. Dapat diketahui dari profil responden yang paling banyak berkunjung adalah pria dengan kategori usia antara 18-23 tahun, berpendidikan SMA dan kebanyakan berasal dari daerah Bandung. Sedangkan mengenai analisis deskriptifnya, dapat diketahui bahwa mean dari variabel daya tarik wisata sebesar 3,80 yang mengindikasikan bahwa persepsi wisatawan mengenai daya tarik wisata yang berada di Wana Wisata Curug Cimahi sudah baik dan untuk penilaian variabel motivasi wisatawan dengan mean sebesar 3,85 yang mengindikasikan bahwa motivasi wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi sudah tinggi. Hasil dari analisis kolerasinya adalah terdapat hubungan yang terjalin kuat antara daya tarik wisata dengan motivasi wisatawan. Sedangkan hasil dari analisis regresinya adalah daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap motivasi wisatawan yag berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi. Kata kunci: daya tarik wisata, motivasi wisatawan, Wana Wisata Curug Cimahi.