Raka Putra Ramadhan Perancangan Struktur Atas Rangka Baja Jembatan Juwana, Kabupaten Pati

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Daftar Isi:
  • Status jalan Jalur Pantura sebagai Jalan Nasional mengharuskan jalur tersebut dapat melayani beban lalu lintas semua kendaraan yang melewatinya baik dari segi sarana maupun prasarananya. Salah satu prasarana yang paling penting dalam transportasi darat adalah jembatan. Jembatan Juwana yang dibangun pada tahun 1984 ini sampai sekarang belum pernah dilakukan perbaikan ataupun pemeliharaan sehingga mengakibatkan beberapa kerusakan seperti keroposnya dan tergerusnya beton pada pilar karena aliran Sungai Juwana, pelat lantai beton yang berkarat dan warnanya yang sudah kusam karena kurangnya perawatan. Jembatan Juwana semakin tidak mampu menahan beban lalu lintas seiring dengan pertumbuhan kendaraan dan lalu lintas yang meningkat prosentase peningkatan rata-rata sebesar 12,30%. Struktur atas Jembatan Juwana dirancang menggunakan rangka baja Parker dan pelat lantai kendaraan berupa struktur beton. Perancangan mengacu pada RSNI T-03-2005 tentang Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan Metode LRFD dan RSNI T-14-2004 tentang Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan dengan panjang bentang 50 meter dan lebar jembatan 9 meter. Hasil dari perancangan Jembatan Juwana adalah tebal pelat lantai kendaraan 0,22 meter, profil gelagar melintang IWF 800.300.14.26, gelagar memanjang IWF 250.125.6.9, gelagar induk IWF 400.400.18.28, dan ikatan angin bawah L.130.130.9. Sambungan baut menggunakan baut mutu tinggi ASTM A-490 Ø 1. Metode pelaksanaan yang dipilih adalah metode Semi Kantilever. Kata kunci: Struktur Atas, jembatan, rangka baja, Parker, Semi Kantilever