Perancangan Ulang Pesawat Model Fixed Wing Untuk Perhitungan Turning Performance: Identifikasi Sistem Instrumentasi Dan Propulsi
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=21062 |
Daftar Isi:
- Tugas akhir ini membuat rancang ulang pesawat model fixed wing/Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang merupakan hasil rancangan dari tugas akhir milik Avyadhanie dan kawan-kawan (2013). Pesawat ini merupakan wahana terbang skala kecil dengan spesifikasi low speed dan dikendalikan melalui remote control. Pembuatan UAV Fixed-wing ini dikerjakan dengan proses perancangan, manufaktur, pengoperasian sistem kontrol, menentukan sistem propulsi dengan cara mengukur putaran motor per-detik dan aliran udara yang melewati propeller ketika berputar . Tujuan perancangan ulang pesawat model ini dalam kajian sistem instrumentasi dan propulsi adalah untuk mendapatkan pesawat model yang mampu terbang dengan jarak maksimal 400 meter tanpa adanya kegagalan sistem (kehilangan sinyal radio) instrumentasi dengan tujuan utama mendapatkan data udara untuk perhitungan turning performance. Dalam proses pengambilan data udara, pesawat model menggunakan sensor untuk mengambil beberapa parameter seperti pitot tube untuk mendeteksi airspeed, GPS untuk mendeteksi titik kordinat pesawat, dan gyroscope untuk mendeteksi sudut kemiringan pesawat. Parameter yang digunakan dalam perhitungan data turning performance antara lain Airspeed maksimal yang didapatkan pesawat model adalah 7.5 m/s dan turn radius sebesar 17.73 m. Dari hasil pengukuran data udara yang dideteksi oleh sensor-sensor yang bekerja dapat diolah menggunakan model simulink dari software MATLAB yang telah dirancang untuk perhitungan Turning performance dan menghasilkan keluaran berupa data Turnrate 0.21193 (Omega) rad/s, Load Factor 1.01(n), dan Bank Angle 5.49 (phi) deg. Kata kunci: Turning performance, Pesawat model fixed-wing, Mission Planner.