Analisis Customer Value Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=34008 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan Laporan Kepuasan Pelanggan Perum Jasa Tirta II pada Semester II Tahun 2017 menjelaskan bahwa nilai indeks kepuasan pelanggan pada sektor pariwisata kurang dari rata-rata indeks kepuasan pelanggan Perum Jasa Tirta II. Hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya nilai pelanggan yang diterima dari Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Nilai pelanggan adalah nilai manfaat yang dirasakan pelanggan beserta pengorbanannya. Penelitian ini memfokuskan pada empat dimensi nilai pelanggan yaitu nilai fungsional, nilai emosional, nilai sosial, dan nilai harga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuisioner yang dibentuk menjadi tujuh belas pernyataan positif yang menggambarkan tentang empat dimensi nilai pelanggan. Responden dari penelitian ini adalah 110 wisatawan lokal yang pernah berkunjung ke Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan mengenai sejauh mana nilai pelanggan yang diterima dari Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa nilai pelanggan dari Grama Tirta Jatiluhur termasuk dalam kategori tinggi. Dimensi yang memiliki nilai paling tinggi adalah dimensi nilai emosional, yang artinya perasaan yang diterima oleh wisatawan sesuai dengan tujuan dan standarnya ketika berkunjung ke Grama Tirta Jatiluhur. Sedangkan dimensi dengan nilai terendah adalah dimensi nilai harga, yang artinya wisatawan menganggap bahwa manfaat yang diterima tidak sesuai dengan harga yang dikeluarkan. Kata kunci: nilai pelanggan, nilai fungsional, nilai emosional, nilai social, nilai harga.