Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: PT Pupuk Kujang Cikampek)
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=7375 |
Daftar Isi:
- Kepuasan Konsumen itu merupakan penilaian konsumen terhadap penampilan dan kinerja barang atau jasa itu sendiri. Kepuasan itu diberikan oleh tingkat pemenuhan yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Peneliti melakukan penelitian ini agar dapat melihat kualitas produk berpengaruh pada kepuasan konsumen pupuk Kujang di PT Pupuk Kujang. Penelitian ini data dapat diperoleh dari 204 responden dengan menggunakan kuesioner sebagai alat penelitian. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara non-probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi (SPSS 17.0). Hasil analisis deskriptif dapat melihat hasil rata-rata responden yang menyatakan pernyataan dengan memakai ukuran skala likert, hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat lima dimensi baru dari kualitas produk yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh dimensi daya tahan, kemampuan pelayanan, kinerja, persepsi kualitas, dan estetika sebesar 21,1%. Jadi kualitas produk mempengaruhi kepuasan konsumen, sedangkan persepsi kualitas merupakan dimensi dari kualitas produk yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk