Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik Online Shopping (Studi Kasus pada Pengguna Situs Lazada.com di Bandung)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=28691
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi yang semakin maju pada saat ini menghasilkan perpaduan sistem perdagangan baru melalui situs jaringan internet atau lebih dikenal dengan e-commerce. Perdagangan online yang sangat berkembang saat ini adalah e-marketplace yang merupakan suatu situs penyedia toko online dimana transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dapat dilakukan secara online melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Di Indonesia, Lazada merupakan salah satu situs toko online terbesar serta pelopor e-commerce melalui platform marketplace di Asia Tenggara yang dioperasikan pada tahun 2012. Hal ini membuat Lazada.com perlu mementingkan kualitas pelayanan agar selalu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan elektronik yang diberikan oleh Lazada.com. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna Lazada.com di Kota Bandung. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna Lazada.com di kota Bandung wilayah kab. Bandung Barat yang telah melakukan pembelanjaan lebih dari satu kali dan diambil sebanyak 100 responden berdasarkan perhitungan rumus Wibisono. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi. Metode uji kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat beberapa dimensi kualitas pelayanan elektronik Lazada.com yang dikatakan baik yaitu efficiency, system availabiility, dan privacy. Sedangkan dimensi kualitas pelayanan elektronik yang masuk ke dalam kategori cukup dan harus ditingkatkan adalah dimensi fulfillment, responsiveness, compensation, dan contact. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Elektronik.