Analisis Performansi Training Unit AC Mobil Dengan Menggunakan Refrigeran HFC-134a Dengan Variasi (RPM) Kompresor

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=21968
ctrlnum ai-jbptppolban-gdl-pipitpitri-8486
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Analisis Performansi Training Unit AC Mobil Dengan Menggunakan Refrigeran HFC-134a Dengan Variasi (RPM) Kompresor </title><subject>automotive air conditioning, refrigerant HFC-134a, Coefficient of Performance (COP)</subject><subject>AC mobil, refrigeran HFC-134a, Coefficient of Perfomance (COP)</subject><publisher>#CREATOR_ORGNAME#</publisher><date>2018</date><language>Bahasa Indonesia</language><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>jbptppolban-gdl-pipitpitri-8486</identifier><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran kompresor terhadap unjuk kerja dari sistem AC mobil. Penelitian memakai training unit AC mobil yang telah dilengkapi dengan sensor temperatur dan tekanan. Komponen utama sistem AC mobil terdiri dari : kompresor, kondensor, receiver dryer, katup ekspansi, dan evaporator. Fluida kerja yang digunakan yaitu refrigeran HFC-134a. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan putaran kompresor, yaitu 30 Hz, 40 Hz,dan 50 hz. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi putaran kompresor maka COP akan mengalami penurunan. Dengan nilai COP_actual pada frekuensi 30 Hz sebesar 3.27, pada frekuensi 40 Hz sebesar 2.70, dan pada frekuensi 50 Hz sebesar 2.54. Semakin tinggi putaran kompresor maka kapasitas pendinginan akan semakin meningkat. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 30 Hz sebesar 2,69 kW. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 40 Hz sebesar 3,85. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 50 Hz sebesar 4.10kW. Kata kunci: AC mobil, refrigeran HFC-134a, Coefficient of Perfomance (COP).</description><identifier>http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=21968</identifier><recordID>ai-jbptppolban-gdl-pipitpitri-8486</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
title Analisis Performansi Training Unit AC Mobil Dengan Menggunakan Refrigeran HFC-134a Dengan Variasi (RPM) Kompresor
publisher #CREATOR_ORGNAME#
publishDate 2018
topic automotive air conditioning
refrigerant HFC-134a
Coefficient of Performance (COP)
AC mobil
refrigeran HFC-134a
Coefficient of Perfomance (COP)
url http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=21968
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran kompresor terhadap unjuk kerja dari sistem AC mobil. Penelitian memakai training unit AC mobil yang telah dilengkapi dengan sensor temperatur dan tekanan. Komponen utama sistem AC mobil terdiri dari : kompresor, kondensor, receiver dryer, katup ekspansi, dan evaporator. Fluida kerja yang digunakan yaitu refrigeran HFC-134a. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan putaran kompresor, yaitu 30 Hz, 40 Hz,dan 50 hz. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi putaran kompresor maka COP akan mengalami penurunan. Dengan nilai COP_actual pada frekuensi 30 Hz sebesar 3.27, pada frekuensi 40 Hz sebesar 2.70, dan pada frekuensi 50 Hz sebesar 2.54. Semakin tinggi putaran kompresor maka kapasitas pendinginan akan semakin meningkat. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 30 Hz sebesar 2,69 kW. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 40 Hz sebesar 3,85. Nilai kapasitas pendinginan pada frekuensi 50 Hz sebesar 4.10kW. Kata kunci: AC mobil, refrigeran HFC-134a, Coefficient of Perfomance (COP).
id IOS17601.ai-jbptppolban-gdl-pipitpitri-8486
institution Politeknik Negeri Bandung
institution_id 2033
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Bandung
library_id 1640
collection Repository Polban
repository_id 17601
city BANDUNG BARAT
province JAWA BARAT
repoId IOS17601
first_indexed 2022-08-31T03:16:47Z
last_indexed 2022-08-31T03:16:47Z
recordtype dc
_version_ 1742648104261255168
score 17.538404