Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bandung

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2018
Subjects:
Daftar Isi:
  • Iklim komunikasi menjadi salah satu pengaruh penting dalam produktivitas organisasi, karena iklim mempengaruhi usaha anggota organisasi. Dengan adanya iklim komunikasi organisasi yang baik, diharapkan motivasi kerja karyawan akan meningkat dan terjaga. Motivasi dalam teori harapan adalah karyawan lebih mungkin termotivasi ketika mereka mempersepsikan usaha mereka akan menghasilkan kinerja yang berhasil dan pada akhirnya, menghasilkan penghargaan dan hasil yang diinginkan. Penelitian dilakukan kepada 125 orang karyawan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Bandung. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi yaitu kenaikan nilai Non Performing Loan, nilai sistem manajemen kinerja pada kategori tertentu menurun dan ketidakhadiran karyawan meningkat, sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui iklim komunikasi organisasi, motivasi kerja karyawan dan pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja karyawan. Dalam penelitian ini, iklim komunikasi merupakan variabel bebas (X) dan motivasi kerja karyawan merupakan variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis dalam menganalisis data-data yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Dari hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh persamaan Y = 38.322 + 0.722X dengan perolehan R-Square sebesar 0.282 artinya variabel iklim komunikasi organisasi dapat memberikan pengaruh sebesar 28.2% terhadap motivasi kerja karyawan, sedangkan 71.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti kualitas pengawasan, kebijakan perusahaan dan lain-lain. Hasil uji korelasi didapatkan angka korelasi sebesar 0.531 dan signifikansi sebesar 0.00 yang menunjukan hubungan antarvariabel dalam kategori sedang, berarah positif dan signifikan. Kata Kunci: Iklim Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja.