Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Dalam Penggunaan Financial Technology Peer To Peer Lending (Studi Kasus Pada Koinworks.com)

Format: Bachelors
Terbitan: #CREATOR_ORGNAME# , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=38864
Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi menyebabkan terjadinya evolusi tak terlepas pada Bidang Keuangan yang disebut financial technology atau fintech. Peran – peran Bank Konvensional juga mulai tergantikan salah satunya adalah transaksi peminjaman uang. Sistem peminjaman uang yang pada mulanya dilakukan di Bank dengan menggunakan agunan dan membutuhkan waktu yang cukup lama dapat dilakukan dalam waktu beberapa jam lewat platform yang disediakan oleh fintech yang disebut Peer to Peer Lending. Namun pada kenyataan masih banyak kekurangan dalam P2P Lending tersebut. Masalah keamanan informasi data diri yang masih menjadi isu dan rentannya peretasan terhadap sistem yang ada masih harus dipertanyakan. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan menggunakan variabel independen kualitas sistem informasi (X1), kualitas informasi (X2), dan kualitas layanan (X3) terhadap variabel dependen kepuasan pengguna (Y). yang diadopsi dari model kesuksesan sistem informasi Delone & McLean. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan berdampak signifikan dan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna dengan besar pengaruh dari ketiga variabel independen tersebut sebesar 80,8% dan 19,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diukur dalam penelitian ini.