Pengaruh Atribut Chocodot terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Wisatawan di Garut)
Format: | Bachelors |
---|---|
Terbitan: |
#CREATOR_ORGNAME#
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.polban.ac.id\/download.php?id=12079 |
Daftar Isi:
- Chocodot adalah sebuah inovasi makanan dari Garut yang merupakan kombinasi dari coklat dan dodol Garut. Kemunculan Chocodot ini sangat menarik perhatian wisatawan, hal ini dilihat dari munculnya berbagai pemberitaan yang menyatakan bahwa Chocodot sangat digemari dan diminati wisatawan untuk dibeli, dinikmati maupun dijadikan sebagai oleh-oleh. Dilihat dari antusiasme wisatawan pula, kini Chocodot dikenal sebagai ikon baru Garut. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Atribut Produk Chocodot Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Wisatawan Di Kabupaten Garut). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai atribut produk Chocodot dan mengungkapkan bagaimana keputusan pembelian wisatawan terhadap Chocodot serta mengungkapkan pengaruh atribut produk Chocodot sendiri terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Garut dan merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada 180 responden, namun data yang digunakan hanya sebanyak 160 buah kuisioner dikarenakan beberapa kuisioner yang dirasa tidak diisi dengan baik. Data yang diperoleh dari sumber data diukur menggunakan skala Likert dan diolah menggunakan software SPSS 17.0. Selain itu digunakan data sekunder yang diperoleh dari buku, referensi, jurnal dan website. Populasi yang ditentukan dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang membeli Chocodot dalam 1 tahun terakhir, dengan metode sampling Non-probability dan Judgement Sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis korelasi menunjukkan nilai penilaian yang sering muncul pada variabel atribut produk wisata berkisar antara 3 sampai 4 yang berarti, penilaian wisatawan terhadap Chocodot adalah cukup baik. Sedangkan pada variabel keputusan pembelian, nilai yang muncul berkisar antara 3 sampai 4 yang berarti tingkat keputusan pembelian wisatawan terhadap Chocodot adalah baik. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa wisatawan akan membeli produk-produk Chocodot, namun sebelum itu wisatawan akan melihat dan mempertimbangkan dulu merek, kemasan dan kualitasnya. Berdasarkan hasil analasis regresi didapat hasil sebesar 55,9% keputusan pembelian wisatawan dipengaruhi oleh atribut produk Chocodot. Dapat disimpulkan bahwa atribut produk Chocodot berpengaruh pada keputusan pembelian wisatawan, dan berdasarkan hasil yang didapat, diungkapkan pendapat berupa saran terhadap pengelola Chocodot untuk lebih meningkatkan image dan kualitas produk serta kemasan agar semakin banyak wisatawan yang memutuskan untuk membeli. Kta kunci: chocodot, Garut, keputusan pembelian.